Menu Tab

  • BERANDA
  • PUISI
  • MOTIVASI
  • INDOOR
  • OUTDOOR

Kamis, 16 Februari 2012

Pengolahan Kedelai

Kelompok Kerja

Persiapan awal proses pelaksaan proyek pengolahan kacang kedelai, kami masih sempat diskusi dan mengecek bahan dan alat yang dibutuhkan.




Proses pengolahan kedelai kami lakukan satu minggu setelah panen bersama. Kami mau mengolahnya menjadi tempe dan susu kedelai. Artikel untuk mencari informasi tentang bagaimana cara membuat tempe dan kedelai sudah kami kumpulkan dua minggu sebelum. Hmmm, sayang sekali ... karena kami belum PD untuk mengolahnya sendiri.



Apa yang harus kami lakukan? Aku merayu beberapa walimurid untuk menjadi guru tamu, tapi ... belum ada yang berani menerima tantangan ini. Akhirnya, ketidak PD an semakin mendesak, ada kehawatiran tidak jadi dan lainnya.
Baiklah, kami putuskan untuk mencari guru yang ahli deh! Akhirnya Ust. Isna membantu kami untuk mengundang pembuat tempe, beliau bernama Pak Cipto. Beberapa tips sudah dibagi untuk kami, namun tantangan yang lebih keren adalah berbagi ilmu ini kepada anak kelas IV SD Sekolah Alam Insan Mulia.
Kami juga mengundang Ust. Mita untuk berbagi ilmu dalam membuat susu kedelai. Anak-anak sudah menyiapkan semua alat yang diperlukan; blender, mangkok, panci, saringan/kain, dan kompor. Semangat dan wajah penasaran mereka seperti siap melalap semua pengetahuan yang akan mereka alami.
Ustadzah Mita dan Pak Cipto adalah orang yang ahli. Mereka memperagakan bagaimana cara membuat, dan anak-anak memperhatikan dengan baik. Mereka dilibatkan untuk partisipasi mencuci kedelai, menabur ragi, dan memasukkan ke plastik yang sudah dilobangi mereka. Semua proses dilalui anak-anak dengan baik. Mereka sangat antusias, pertanyaan silih berganti. Setelah prose terakhir, Pak Cipto berpamitan. anak-anak salaman satu per satu dan mengucapkan terima kasih.
Berikutnya, Ustadzah Mita beraksi. Anak-anak segera melakukan instruksi yang diberikan. mengambil kacang kedelai, memblender, memeras, dan proses masak dilakukan dengan semangat.
Sayang sekali ada beberapa yang kurang hati-hati, jadi muncrat ke baju. Ups!!! Basah dan kotor, tapi tidak apa-apa, ini resiko!!!
Yay!!! Selesai sudah, tempe tinggal menunggu esok hari. Waktunya menikmati susu kedelai buatan sendiri!!! Hmmm, sedaaap!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar