Menu Tab

  • BERANDA
  • PUISI
  • MOTIVASI
  • INDOOR
  • OUTDOOR

Rabu, 11 Januari 2012

HARVEST

PANEN KEDELAI

Setelah hampir 2 bulan kami menunggu, akhirnya masa panen tiba. Kedelai yang kami tanam daunnya sudah berubah warna dan bijinya terlihat berisi. Sayang, ada beberapa tanaman kedelai kami yang mati. Mereka tidak bertahan dikarenakan beberapa hal. Kami masih teledor dalam perawatannya, mencabuti rumput liar di sekitarnya, dan ketika hujan sudah tiba kami hampir saja melupakan untuk mengeceknya. Beruntung, Allah SWT Maha Pemberi Perlindungan, sehingga tanaman kami masih cukup banyak yang baik dan segar.






Mengapa kami memilih kedelai sebagai proyek tanaman ekonomi kami? Masa panen kedelai ini pendek, terus ada banyak manfaatnya, pengolahannya bisa berbagai cara. Produksi tempe, tahu, susu kedelai, kecap, keripik, kedelai goreng, dan cukup dengan kedelai godok. Semua itu bisa membuat kami banyak belajar tentang jiwa wiraswasta. Belum lagi persiapan penanaman, kami banyak belajar tentang berkelompok, kasih sayang dengan makhluk, kerja keras, mendalami profesi Petani, kesabaran, keikhlasan, dan niat baik.



Pada saat panen ini kami belajar bersyukur dan evaluasi diri. Dengan hasil yang kami peroleh, kami sangat senang. Memasuki ladang adalah hal yang kami tunggu, mencabut akar kedelai dan memisahkannya dari batang adalah hal yang istimewa. Belum lagi minggu depan kami akan mengolahnya menjadi tempe, susu kedelai, dan lainnya. Batang dan daun yang kami pisahkan hari ini akan kami buat sebagai pupuk kompos. Sungguh hari ini kami bisa berkata Full of learning.


IMG_9971.JPG
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar