Menu Tab

  • BERANDA
  • PUISI
  • MOTIVASI
  • INDOOR
  • OUTDOOR

Rabu, 21 Oktober 2015

SAYUR VERTIKAL

Menanam adalah proyek lingkungan yang ada di kelas IV. Beberapa tehnik telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dimulai dari jenis tanaman yang disesuaikan dengan jadwal program semester atau sudah berapa kali tanaman itu dipakai sebagai obyek program menanam.
Tanaman pertama, jagung. Ya, karena jagung memiliki masa tanam 3 bulan dan dibutuhkan untuk melatih kesabaran anak-anak dalam perawatan dan observasi. 


Tanaman kedua yang pernah menjadi proyek adalah kacang panjang. Nah, ini merupakan hal yang baru bagi anak-anak. Mereka terkagum-kagum melihat perkembangan kacang panjangnya. Hingga pada suatu hari sebuah stasiun televisi ingin meliput proses anak-anak dalam beraktivitas observasi tanaman kacang panjang.


Berikutnya kacang kedelai, wow! Antusias anak-anak luar biasa karena tanaman ini membuat mendapat kesempatan untuk belajar membuat TEMPE! Yay! Makanan favorit untuk camilan maupun lauk dengan nasi hangat. Hmmm … yummy…
Sehubungan denganjadwal program semester yang relative lebih cepat, maka tanaman berikutnya  yang menjadi proyek tanaman adalah SAYUR; bermacam-macam bayam dan kangkung. Inovasi program kami adalah … CAFÉ CLASS! Dan kegiatan memasak ini merupakan tantangan basi setiap kelompok. Mereka mempersembahkan yang terbaik dengan menu tambahan yang enaaak (sosis, daging ayam, tempe, dan tahu).


Tahun ini kami berinovasi dengan media tanam namun dengan jenis tanaman sayur dengan tambahan cabe dan tomat. Dan media tanaman kami adalah paralon yang dihias dengan unik. Dan proyek kali ini dengan metode Vertical Garden menjadi SAYUR VERTIKAL!!! J    





Setiap sesuatu yang baru selalu membuat anak-anak terkejut! Dan keterkejutan inilah yang kami inginkan agar otak anak-anak terkejut. Jika sudah terkejut maka kreativitas yang akan lahir, rasa penasaran semakin memuncak, dan kegigihan untuk mencari jawaban. Ini adalah pesan tidak tertulis yang kami sambungkan kepada anak-anak. Selamat berinivasi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar